Monday, April 29, 2013

Tugas Ipa

  No comments

Gerak Lurus
Nama : Restu Dwi Cahyo
Kelas : 7F



Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Dapat pula jenis gerak ini disebut sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama.
Pengelompokkan
Gerak lurus dapat dikelompokkan menjadi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan yang dibedakan dengan ada dan tidaknya percepatan.
[sunting]Gerak lurus beraturan
Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.
s = v \cdot t \!
dengan arti dan satuan dalam SI:
·        s = jarak tempuh (m)

·        v = kecepatan (m/s)
·        t = waktu (s)
[sunting]Gerak lurus berubah beraturan
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik.kantau
v = v_0 + a \cdot t \!. Gerak Semu atau Relatif
Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi). Contoh : - Benda-benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak. - Bumi berputar pada porosnya terhadap matahari, namun sekonyong-konyong kita melihat matahari bergerak dari timur ke barat.
2. Gerak Ganda Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya. Contoh : Seorang bocah kecil yang kurus dan dekil melempar puntung rokok dari atas kereta rangkaia listrik saat berjalan di atap krl tersebut. Maka terjadi gerak puntung rokok terhadap tiga (3) benda di sekitarnya, yaitu : - Gerak terhadap kereta krl - Gerak terhadap bocah kecil yang kurus dan dekil - Gerak terhadap tanah / bumi
3. Gerak Lurus Gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat kita bagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu : a. Gerak lurus beraturan (GLB) Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap dan stabil. Misal : - Kereta melaju dengan kecepatan yang sama di jalur rel yang lurus - Mobil di jalan tol dengan kecepatan tetap stabil di dalam perjalanannya. b. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu. Misalnya : - Gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap ke lantai - Mobil yang bergerak di jalan lurus mulai dari berhenti

·         a = percepatan (m/s2)
·         t = waktu (s)
·         s = Jarak tempuh/perpindahan (m)
s = v_0 \cdot t +  \frac{1}{2} a \cdot t^2 \!
dengan arti dan satuan dalam SI:
·         v0 = kecepatan mula-mula (m/s)Pengertian Gerak Serta Macam & Jenis Gerak : Semu/Relatif, Ganda dan Lurus - Belajar Online Internet Gratis Ilmu Science Fisika
Tue, 08/08/2006 - 10:43am — godam64 A. Arti / Definsi / Pengertian Gerak
Gerak adalah suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari titik keseimbangan awal. Sebuah benda dikatakan bergerak jika benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati.
B. Jenis / Macam-Macam Gerak
1. Gerak Semu atau Relatif Gerak semu adalah gerak yang sifatnya seolah-olah bergerak atau tidak sebenarnya (ilusi). Contoh : - Benda-benda yang ada diluar mobil kita seolah bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak. - Bumi berputar pada porosnya terhadap matahari, namun sekonyong-konyong kita melihat matahari bergerak dari timur ke barat.
2. Gerak Ganda Gerak ganda adalah gerak yang terjadi secara bersamaan terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya. Contoh : Seorang bocah kecil yang kurus dan dekil melempar puntung rokok dari atas kereta rangkaia listrik saat berjalan di atap krl tersebut. Maka terjadi gerak puntung rokok terhadap tiga (3) benda di sekitarnya, yaitu : - Gerak terhadap kereta krl - Gerak terhadap bocah kecil yang kurus dan dekil - Gerak terhadap tanah / bumi
3. Gerak Lurus Gerak lurus adalah gerak pada suatu benda melalui lintasan garis lurus. Contohnya seperti gerak rotasi bumi, gerak jatuh buah apel, dan lain sebagainya. Gerak lurus dapat kita bagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu : a. Gerak lurus beraturan (GLB) Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda yang lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap dan stabil. Misal : - Kereta melaju dengan kecepatan yang sama di jalur rel yang lurus - Mobil di jalan tol dengan kecepatan tetap stabil di dalam perjalanannya. b. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang berubah-ubah dari waktu ke waktu. Misalnya : - Gerak jatuhnya tekjhgfn air hujan dari atap ke lantai - Mobil yang bergerak di jalan lurus mulai dari berhenti

·         a = percepatan (m/s2)
·         t = waktu (s)
·         s = Jarak tempuh/perpindahan (m)

Mobil Tercepat
Setiap kali Anda berpikir tentang mobil tercepat di dunia, Bugatti mungkin nama muncul dalam pikiran Anda, tetapi kenyataannya adalahVolkswagen adalah nama yang memainkan peran penting dalam menjaga perusahaan tetap hidup. Setelah Anda mengalami Bugatti Veyron, Anda mungkin tidak cenderung untuk menerima bahwa mungkin ada mobil lain lebih cepat dari ini. Cukup berbicara, mobil ini ~ duanya 'adalah kecepatan adalah kekhawatiran. Mobil ini menciptakan panorama getaran luar persepsi bahwa seseorang dapat miliki tentang mobil cepat lainnya.
Sangat besar mesin dan desain aerodinamis licin adalah kecerdasan tentang kecepatan tinggi. Kedua faktor ini cukup untuk mendorong kendaraan ini gagah lebih dari 200 mil per jam, tetapi, ada hal lain juga untuk menambahnya. Mobil hanya melampaui kesempurnaan dari para insinyur. Mari mengintip ke dalam kap mobil untuk melihat-lihat mesin. Sebuah 8-liter W-16 dengan 4 mesin turbo terlihat besar di kesan pertama. Mesin adalah kombinasi dari dua V6 atau V8. Jika Anda memiliki sedikit tahu bagaimana tentang pembakaran dan pembangkit listrik, Anda dapat membayangkan apa sebuah 8-liter dan 16 mesin silinder dapat membawa sekitar. Ya! Ini menciptakan energi vulkanik. Para insinyur mengambil itu di luar ini dengan menambahkan empat turbos masing-masing menciptakan dorongan dari 10 psi. 1001 tenaga kuda adalah kekuatan besar yang membuat mobil tercepat di dunia. Kekuatan ini cukup untuk membuat gemerincing seperti lokomotif, menempatkan energi tinggi ke tanah untuk mengguncangnya.
Anda mungkin berpikir bagaimana rakasa dapat dikendalikan berjalan liar di kecepatan tinggi. Topping kecepatan tidak menjadi perhatian utama yang dianggap insinyur Volkswagen, mereka tahu dengan baik bahwa mengontrol juga penting untuk membuat drive aman tidak ada yang lebih berharga dari kehidupan manusia. Itu sebabnya mobil ini dilengkapi dengan Michelin 's ban khusus dan semua wheel drive.
Its sekarang harus sedikit teknis untuk memahami bahwa apa yang membuat mobil tercepat di dunia yang tercepat. Penanganan seperti dorongan besar bukanlah tugas yang mudah. Ini akan memerlukan gearbox khusus; salah satu yang dapat mentolerir dorong perusahaan serta memberikan secara efisien ke roda. Untuk alasan itu, Volkswagen mengatur Formula 1 insinyur untuk polisi dengan tugas ini. Usaha mereka membuahkan hasil pada akhirnya setelah perjuangan stres dan mereka dapat merancang gearbox yang diinginkan. Gearbox ini meliputi sistem dikendalikan komputer dan mirip dengan yang digunakan di Formula 1 balap mobil. Selain itu, untuk memberikan kinerja memerlukan dan kontrol, tujuh shifter kecepatan pemukul flappy dan kopling ganda yang disertai dengan bagian mobil kinerja lainnya
Hambatan udara merupakan masalah lain dengan cepat, tetapi semua kendaraan Bugatti Veyron telah berurusan dengan desain terbaik aerodinamis di dunia yang tergelincir mobil melalui udara lancar. Untuk menjaga stabil mobil selama drive-nya, turun gaya sangat penting. Sebagai Bugatti Veyron bergerak pada kecepatan tinggi dimana tekanan udara cukup rawan untuk mengacaukan kendaraan, namun Bugatti Veyron menangani masalah ini dengan sayap yang menempel ke tanah dengan menciptakan gaya berat ke bawah. Berbeda dengan kendaraan cepat lainnya, tubuh Bugatti Veyron telah dibuat dari serat karbon, bukan aluminium ringan dan tangguh. Ini terdengar bahwa penggunaan serat karbon akan memainkan peran untuk mengurangi berat tetapi masih, mobil berbobot £ 4.300. Bergerak seperti sebuah mesin yang berat dengan kecepatan yang sangat membutuhkan energi yang sangat tinggi dan pasti, jumlah besar panas akan menghasilkan selama operasi ini, sehingga ada kebutuhan untuk menjaga mobil dari overheating. Bugatti Veyron memiliki 10 radiator, 3 dari yang menjaga sayap pendinginan dan sisanya melayani mesin. Menghentikan mobil adalah sama pentingnya dengan membawa ke dalam gerak. Rem hebat dan sayap dapat membawa mobil ke sisanya di 0 sampai 10 detik dari kecepatan 250 mil per jam.
Semua fitur ini menggabungkan untuk membangun sebuah mesin otak-catching hidup yang hanya dibangun untuk melakukan. Investasi berat seperti memiliki mobil adalah kenikmatan unik dalam dirinya sendiri dan sekali Anda duduk di kursi pengemudi, Anda akan menyadari sendiri bahwa mengapa mobil ini adalah mobil tercepat di dunia.
Kereta api tercepat

1. Shinkansen - Japan.
300 km/jam (186 mph), top speed 581 km/jam (361 mph)

http://img27.imageshack.us/img27/4848/16916452.jpg
http://img341.imageshack.us/img341/6136/37277504.jpg

Jepang dengan teknologinya telah mampu mewujudkan sistem perkereta apian berkecepatan tinggi yang meliputi seluruh negeri. Shinkansen, yang juga disebut kereta peluru, merupakan salah satu kereta api super cepat, super aman (karena, 40 tahun beroperasi tanpa satu kecelakaan yang berarti) dan super nyaman. Pada tahun 2003, tiga gerbong kereta JR-Maglev telah mampu mencapai kecepatan 581 km/jam (361 mph) pada track magnetik berteknologi magnetic levitation.

2.TGV. France.
320 km/jam (199 mph) top speed 574.8 km/jam (357.2 mph).
http://img32.imageshack.us/img32/3614/82691308.jpg

TGV adalah produk andalan dari Perancis, hampir sama dengan ikon menara Eiffel dan Baguettes. Layanan kereta berkecapatan tinggi ini mulanya dikembangkan pada tahun 1970-an dan dibuka untuk umum pada 1981. Pada saat ini mencapai 150 kota-kota di Perancis dan beberapa kota asing yang terletak di Belgia, Jerman, Luksemburg, Italia dan Swiss.

Di antara jenis dan tipe TGV, yang paling berkecepatan tinggi adalah TGV Réseau dan TGV Duplex, yaitu berkecapatan sekitar 320 km / jam (199 mph). Pada tahun 2007, SNCF yang merupakan Operator TGV dan Alstom yang merupakan Pembangun TGV, telah melakukan serangkaian percobaan. Rekor kecepatan resmi berlangsung pada 3 April 2007, ketika TGV mencapai kecepatan puncak 574,8 km / jam (159,6 m/s, 357,2 mph). Ini adalah kereta konvensional tercepat yang menggunakan roda logam diatas rel logam.

3. Shanghai Maglev Train. China.
250 km/jam (160 mph), top speed 431 km/jam (268 mph)
http://img193.imageshack.us/img193/1173/71329459.jpg

Kereta monorel berkecepatan tinggi yang disebut Transrapid adalah kereta buatan Jerman yang menggunakan teknologi magnetic levitation. Kereta ini telah di operasikan di Shanghai, Cina. Kereta berjalan jarak 30 km dari bandara dalam waktu 7 menit 20 detik, dengan kecepatan rata-rata 250 km / jam (160 mph) dan kecepatan puncaknya 431 km / jam (268 mph).
Kereta monorel Transrapid ini belum diimplementasikan untuk jarak jauh antar kota.

4. CRH. China.
350 km/jam (217 mph), top speed 394.3 km/jam (245 mph)

http://img684.imageshack.us/img684/8592/13504421.jpg

China Railway High-Speed, yang merupakan sistem kereta api Cina, telah mengoperasikan sejumlah kereta peluru model-model seperti CRH1, CRH2, CRH3, CRH4 dan CHR5. Jenis tercepat adalah CRH3, didasarkan pada teknologi Velaro Sony Ericsson, dirancang untuk berjalan pada kecepatan 350 km/jam (meskipun pada 2008, sebuah CRH3 mencapai kecepatan tertinggi 394,3 km/jam (245 mph) selama pengujian dilakukan antara Beijing dan Tianjin).
Model yang tercepat lainnya adalah CRH2, yang diproduksi oleh Jepang Kawasaki Heavy Industries. Pada bulan Oktober 2009 Kementerian Perkeretaapian mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menginvestasikan 1,2 triliun yuan ($ 175.44 miliar) untuk mengembangkan dan memperluas sistem kereta api di Cina. Tujuannya adalah untuk memiliki 13.000 km line penumpang pada tahun 2012. Sebuah kontrak baru kereta api berkecepatan tinggi juga telah ditandatangani antara Departemen Teknologi Perkereta Apian China melalui perjanjian lisensi dengan Kawasaki Heavy Industries.

5. AVE. Spain.
300 km/jam (186 mph)

http://img218.imageshack.us/img218/2424/85266375.jpg

AVE, yang berarti Spanish High Speed (Alta Velocidad Española), adalah kereta apai berkecepatan hingga 300 km/jam (186 mph). Kereta ini dioperasikan oleh RENFE, sebuah perusahaan perkerata apian Spanyol, namun ada juga operator swasta seperti Alvia, yang berjalan pada kecepatan maksimum 250 km/jam (155 mph).

No comments :

Iklan